Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Kertas Lipat pada Siswa Kelas IVB MI Ya BAKII Kesugihan 01 Tahun Pelajaran 2013/2014

NFN Munirriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA setelah mengikuti metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran melalui metode Cooperative Learning model NHT dapat: (1) meningkatkan kualitas proses belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek kerjasama siswa (siklus I: 2 kelompok, siklus II: 9 kelompok) dan pada aspek frekuensi bertanya (siklus I: 12 siswa, siklus II: 32 siswa). (2) meningkatkan kualitas hasil belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek prestasi ketuntasan belajar (siklus I: 14 siswa, siklus II: 36 siswa), pada aspek rasa kepuasan terhadap pembelajaran (siklus I: 16 siswa, siklus II: 36 siswa puas), pada aspek rasa ingin tahu tinggi (siklus I: 12 siswa, siklus II: 36 siswa)

Keywords


Prestasi Belajar Matematika, Media Kertas Lipat.

Full Text:

XML

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (ed. rev. VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP. [Versi elektronik]. http: //educloud.fkip.unila.ac.id.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juju. (2013). Upaya Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar di Kelas IV MI Al Ma’arif Bulupayung Patimuan Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsisarjana, IAIIG Cilacap, tidak diterbitkan.

Karso, dkk. (2008). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sekhuri. (2012). Penggunaan Media Komputer sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ma’arif NU 1 Sranggeman Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Skripsisarjana, IAIIG Cilacap, tidak diterbitkan.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Zulfa, Umi, dkk. (2013). Modul Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. IAIIG Cilacap, tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PANCAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.