IMPLEMENTASI MODEL PENGUKURAN PRODUKTIVITAS BERDASARKAN PENDEKATAN FUNGSI PRODUKSI COBB-DOUGLAS UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN

Ari Eko

Abstract


Secara umum produktivitas diartikan sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang-barang atau jasa) dengan masukan yang sebenarnya. Suatu perbandingan antara hasil keluaran dan masukan. Masukan sering dibatasi dengan masukan tenaga kerja, sedangkan keluaran diukur dalam kesatuan fisik bentuk dan nilai (Siagian, 2003). Produktivitas juga diartikan sebagai tingkatan efisiensi dalam memproduksi barang-barang atau jasa.Unsur-unsur produktivitas menurut Gaspersz (1998) terdiri dari yang pertama adalah Efisiensi. Efisiensi adalah ukuran yang menunjukkan bagaimana sumber-sumber daya yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan output. Efisiensi merupakan karakteristik proses yang mengukur performansi aktual dari sumber daya relatif terhadap standar yang ditetapkan. Yang kedua adalah Efektivitas, yaitu karakteristik lain dari proses yang mengukur derajat pencapaian output dari sistem produksi. Fungsi produksi Cobb-Douglas menjadi terkenal setelah diperkenalkan oleh Cobb, C.W. dan Douglas, P/H. Pada tahun 1928 melalui artikel yang berjudul A Theory of Production. Artikel dimuat untuk pertamakalinya di majalahAmerican Economic Review 18 (Suplement), halaman 139-165. Sejakitufungsi Cobb-Douglas dikembangkan oleh para peneliti sehingga namanya bukan saja ”fungsi produksi”. Tetapi juga yang lain, yaitu ”fungsibiaya Cobb-Douglas”. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa fungsi Cobb-Douglas memang dianggap penting.

Keywords


Produktivitas, Efektifitas, Efisiensi

Full Text:

PDF

References


Ahyari, A, ManajemenProduksi, PengendalianProduksi, BukuSatu, BPFE, Yogyakarta, 1986

Ari E., Amin Sy. 2010. AnalisaProduktivitasMenggunakanFungsiProduksi Cobb-Douglas PadaDepartemenProduksi Di Pt. Pismatex

Gasperz, V. 1998. Manajemen Produktivitas Total : Strategi Peningkatan produktivitas Bisnis Global. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gibson, IvancevichdanDonnely, 1984, OrganisasidanManajemen, Erlangga, Jakarta.

Goetsch, D. L., Davis, S., 1994, Introdustion to Total Quality : Quality, Productivity, Competitivenes, Prentice Hall International, Inc., Englewoods Cliffs, New Jersey.

Hakim Nasution, A.Ir. 2006. Manajemen Industri. Andi Jogyakarta. Jogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.