ANALISA STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERFORMANCE KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT (Studi Kasus : PT. DK)

M. Syahnur Akbar

Abstract


Dunia pendidikan merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu bangsa. PT DK Indonesia merupakan lembaga pendidikan pertama yang menghasung cara mengajar yang menyenangkan untuk meningkatkan kreativitas anak, yang memadukan teknologi, multimedia dan kreativitas. Lembaga ini sempat mengalami kejayaan dalam hal pemasaranya, sehingga perusahaan ini memiliki banyak cabang yang tersebar di daerah jobodetabek. Kemudian seiring berjalannya waktu dengan semakin banyaknya dunia pendidikan sejenis PT DK Indonesia mengalami penurunan yang cukup drastic, sehingga banyak ditutupnya cabang-cabang yang kurang produktif. Untuk itu dilakukan analisa yang dapat menentukan langkah-langkah strategi yang tepat supaya perusahaan dapat bersaing dan terus berkembang sesuai harapan manajemen dan masyarakat sekitar. Dengan mengetahui masalah yang ada yaitu tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk itu pihak manajemen berupaya bagaimana menganalisa dengan metode SWOT. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara, kuisoner dan observasi dan laporan-laporan yang ada. Kemudian di olah mengenai aspek – aspek pemasaran dilihat dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Dari jawaban kuisoner diperoleh faktor-faktor strategis perusahaan yang terbagi atas Strengths, Weakness, Opportunity dan Threats. Dari hasil matrik Eksternal faktor evaluation (EFE) mendapatkan score 3.45 dan untuk Matrik Internal Factor Evaluation (IFE) mendapatkan score 3.42. di sini dapat dilihat perusahaan berada di posisi yang cukup kuat karna berada di score diatas 3. Kemudian dibuat matrik SWOT dan perusahaan ini juga berada di posisi yang menguntungkan. Karna memiliki peluang dan juga kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang. Dengan analisis SWOT dapat dilihat perusahaan berada pada posisi yang kuat dan memiliki keunggulan bersaing. Strategi yang harus dilakukan ialah mendukung pertumbuhan progresif.

Keywords


SWOT, Matrik Eksternal Factor Evaluation, Matrik Internal Factor Evaluation.

Full Text:

PDF

References


Almahdy, I., & Mustaqim, M. I. (2011). Perancangan Strategi Berbasis SWOT Pada Industri Tambang Batu Bara. Jurnal Pasti Teknik Industri Universitas Mercu Buana, Volume 4, Nomor 2, 21-26.

Dirgantoro, C. (2001). Manajemen Strategik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koltler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar -Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Mutaqqin, Suharno, & Asnawati. (2012). Analisa SWOT Pada Pelaku Usaha Kerajinan Khas Daerah. Jurnal Skripsi, 1 - 18.

Nurmianto, E., & Nasution, A. H. (2004). Perumusan Strategi Kemitraan Menggunakan Metode AHP dan SWOT. Jurnal Teknik Industri, 47-60.

Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Retnowati, N. D. (2011). Analisis CSF, SWOT dan TOWS. Jurnal Buana Informatika (Mercu Buana), Volume 2, Nomor 1 31-73.

Sudirman. (2011). Analisis SWOT Untuk Menentuka Strategi Pemasaran Pada Harian Fajar . Volume 12 Nomor 2, 185 - 192.

Sume, S. A. (2010). Penentuan Strategi Pemasaran Dengan Alat-Alat Analisis Matrrik Internal-Eksternal Dan Matrik SWOT. Jurnal Teknik Industri (Mercu Buana), 41-57.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofse.

Yulianti, F. (2012). Analisis SWOT Sebagai Dasar Terciptanya Blue Ocean Strategi bagi Petani Karet. Volume 2 Nomor 1, 33 - 44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.