PENUGASAN STRATEGI BERBASIS CIMOSA (COMPUTER INTEGRATED MANUFACTURING FOR OPEN SYSTEM ARCHITECTURE)UNTUK MENINGKATKAN KINERJA INDUSTRI KECIL MENENGAH KABUPATEN CILACAP

Amin Syukron, Anisha Dian Iswahyuni

Abstract


Abstrak

Kemampuan pemasaran, negosiasi, diversifikasi pasar dan kemampuan untuk memperoleh sumber dana dari pasar modal yang rendah, karena keterbatasan sistem administrasi. CIMOSA adalah arsitektur yang mengarahkan dan mengintegrasikan perangkat keras dana apliksai-aplikasi industry yang antaralain adalah aktivitas perusahaan. Kebutuhan untuk mengintegrasikan bisnis dating dari fast market evolution yang memaksakan adaptasi perusahaan.Metode penelitian dalam Penelitian ini adalah kualitatif akan dilaksanakan dengan prosedur pertama dalam penelitian ini adalah pengambilan data dengan observasi dan survey, prosedur ini dilakukan untuk menggali data-data objek penelitian antara lain kondisi eksisting objek selanjutnya implementasi CIMOSA untuk pelaku IKM-UMKM, workshop ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pelaku IKM-UMKM, sehingga saat implementasi dapat berjalan dengan baik.Hasil identifikasi strategy Manage Process adalah aktif mengikuti pameran, mendirikan cabang, membuat push promotion, memperluas jaringan pemasaran, membuat workshop, dapat request sesuai pesanan, menguatkan land mark, mengikuti perkembangan bisnis batik dan membuat kerjasama dengan stakeholder. Hasil identifikasi strategi core Process yaitu meningkatkan kualitas layanan, memperkenalkan batik menjadi fashion dan kerajinan, meningkatkan kualitas produk, menciptakan motif-motif baru, memanfaatkan skill untuk bersaing dan on time delivery. Hasil identifikasi Support Process adalah mMeningkatkan penghasilan perusahaan, efisiensi biaya pemasaran, menurunkan biaya produksi dan biaya operasional, harga berfariasi sesuai dengan kualitas dan budget pemesan, membangun SDM, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan produktivitas SDM, membuat SOP dan memberikan asuransi kesehatan.

Keywords


Kata Kunci: Industri Kecil Menengah, Kinerja, CIMOSA

Full Text:

PDF

References


Amin Syukron (2008), Perencanaan Sistem Penganggaran Berdasarkan Aktivitas Di Perguruan Tinggi

Amin Syukron (2010), Integrasi Konsep Cimosa Pada Untuk Mendapatkan Standarisasi Kualitas Di Perguruan Tinggi

Amin Syukron (2014), Pengantar Manajemen Industri, Graha Ilmu, Yogyakarta

Baskoro, A. (2015). Peluang, Tantangan, dan Risiko bagi Indonesia dengan Adanya Masyarakat Ekonomi Asean. Center for Risk Management studies Indonesia,(CRMSI).

Kaplan, R. S., And D. P. Norton. (2001), The Strategy-Focused Organization.

Boston, Ma: Harvard Business School Press.

Robert, K., & David, N. (1996). Balanced Scorecard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi.

Susilowati, Nining. Jurnal Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Diakses 30 Maret 2011.

Sutrisno, J., & HS, S. L. (2015). Kajian Usaha Mikro Indonesia. JURNAL Pengkajian KUKM, 1(2).

Tarmidi, L. T. (2003). Krisis Moneter Indonesia: Sebab, Dampak, Peran IMF dan Saran. Bulletin of Monetary Economics and Banking (Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan), 1(4), 1-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.