Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Cilacap Tahun Ajaran 2015 / 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Cilacap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Cilacap sebanyak 216 siswa yang terbagi kedalam 6 kelas. Sampel sebanyak 1 kelas dengan siswa sebanyak 36 orang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data digunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. Analisis butir soal menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan daya pembeda. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan analisis korelasi sederhana dan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,279871 dan thitung sebesar 1,699842 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5%, db = 34 yaitu sebesar 1,684. Diperoleh juga persamaan regresi linear 9,53468 + 0,099296X1. Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan analisis korelasi sederhana dan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,28962 dan thitung sebesar 1,764791 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5%, db = 34 yaitu sebesar 1,684. Diperoleh juga persamaan regresi linear 9,78494793 + 0,098063916X2. Motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika (Y) dengan analisis korelasi ganda dan uji-F diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,413364 dan Fhitung sebesar 3,400374 sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 5% db: V1 = 2 dan V2 = 33 yaitu sebesar 3,28.melalui persamaan regresi linear ganda 10,33197 + 0,140403X1 + 0,05502X2 dengan koefisien determinasi ganda sebesar 17,087%, ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar matematika sebesar 17,087%.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Riduwan. 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Suryabrata, S. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PANCAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.