UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI CERITA ISLAMI DI KELAS III MI MAARIF NU 01 TRITIHKULON

A.Adibudin Al Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kompetensi dasar akhlak terpuji melalui Cerita Islami di kelas III MI Maarif NU 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas III MI Maarif NU 01 Tritihkulon yang dilatarbelakangi masalah rendahnya prestasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar akhlak terpuji. Rendahnya prestasi belajar peserta didik dikarenakan kurangnya media/metode ketika pembelajaran berlangsung, sehingga peserta didik sulit memahami materi pelajaran akhlak terpuji. Guru hanya mengandalkan buku paket, papan tulis, dan metode ceramah dalam penyampaian materi. Untuk menjawab tuntutan tersebut peneliti menggunakan metode cerita guna mengatasi keterbatasan peserta didik dalam memahami materi akhlak terpuji dengan menerapkan metode cerita Islami pada setiap siklus pembelajaran (2 siklus), sehingga materi pelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh peserta didik. Dengan hal tersebut diharapkan prestasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar akhlk terpuji dapat meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar akhlak terpuji melalui pengamatan ini menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Sebelum diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (pra siklus) persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai angka 48,39% dengan rata-rata kelas 50,64, pada siklus I meningkat menjadi 51.6% dengan rata-rata kelas 67,48, pada siklus II menjadi 100% dengan rata-rata 80,19 yaitu setelah pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode Cerita Islami.


Keywords


Cerita Islami, mata pelajaran Akidah Akhlak; peningkatan prestasi belajar;

Full Text:

Untitled

References


Abdurrahman, M. (2002). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Arsyad. (2011). MediaPpengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brog, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: an introduction (4th ed). New York & London: Longman Inc.

Bowkett. S & Hitchman. T (2012). Using comic art to improve speaking, reading and writing. New York.USA: Routledge.

Darmiyati Zuchdi, dan Budiasih. 1996/1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.

Harrison, C. (2004). Understanding Reading Development. London. England: Sage Publications, Ltd.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan flash card matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas v. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4067/3521

Rahman, B & Haryanto (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas i sdn bajayau tengah 2.Jurnal Prima Edukasia.2(2), 129, Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2650/2204

Ritawati, Mahyuddin dan Yetti Ariani. (2007). Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: Universitas Negeri Padang

Sudjana, N & Rivai, A. (2013). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya) .Bandung: Sinar Baru Algensindo offset.

Sukardjo (2005). Kimia Fisika. Jakarta: Bineka Cipta

Slavin, R.E (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktek, edisi kesembilan. Jakarta: Indeks

Suharsimi, A. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Titik Umiyati dan Ulhaq Zuhdi. (2014). Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tema Lingkungan Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Surabaya: JPGSD Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PANCAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.