Penerapan Media Flash card untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Kelas V SDN Randegan-Banyumas

Sylfia Mitha Hidayati, Muniriyanto Muniriyanto, Mawan Akhir Riwanto

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media flash card atau kartu bergambar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan vocabulary siswa kelas V dalam mata pelajaran bahasa Inggris  materi  pekerjaan  dan  hobi  di  SDN  Randegan-Banyumas  tahun  ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek   dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Randegan-Banyumas yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sumber data yang dikumpulkan oleh peneliti berasal dari guru, siswa, dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media flash card dapat meningkatkan kemampuan vocabulary siswa kelas V SDN Randegan- Banyumas dalam mata pelajaran bahasa Inggris materi pekerjaan dan hobi. Sebelum diadakan tindakan penerapan media flash card,  presentase ketuntasan  13.33% dengan rata-rata kelas 45.66, pada siklus I meningkat menjadi 30% dengan rata- rata kelas 51.66 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata kelas 87.33.


Keywords


Hasil belajar siswa, flash card, dan PTK

Full Text:

PDF

References


Zamroni. 2001. Pendidikan untuk Demokrasi. Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Sugihastuti dan Saudah, Siti. 2016. Buku Ajar Bahasa Indondesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ramli. (2011). Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Kemampuan Guru dalam Mengajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol 12, No.1, 69-70.

Wijaya, Iriany Kesuma. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 14, No.2, 122-123.

Irmawati, Dini Kurnia. (2016). Faktor-faktor Penghambat Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Kota Malang. Jurnal Vokasi Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.