Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik Talking Chips Materi Kenampakan Alam Kelas 3 SD N Slarang 01 Tahun 2018

Adjeng Saraswati, Lumaur Ridlo, Aris Naeni Dwiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif teknik talking chips pada mata pelajaran IPA siswa kelas 3 SD N Slarang 01 tahun 2018, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan variabel bebas yaitu penggunaan metode kooperatif teknik talking chips. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Slarang 01 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang telah dilaksanakan ada dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, persentase kelulusan pra siklus yaitu 37,5% (6 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 1 persentase kelulusan 50% (8 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 2 persentase kelulusan 81,25% ( 13 siswa dari 16 siswa).

Keywords


Hasil belajar siswa, metode kooperatif teknik talking chips, dan PTK

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Ayu, Diah. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Ngoresan Surakarta 2016/2017. Surakarta: Jurnal Penelitian Menggunakan Talking Chips di SD.

Azwar Saifuddin. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

E. Slavin Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Hadis Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.