Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Aris Naeni Dwiyanti

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa. Media yang digunakan adalah media berbasis kearifan lokal. Gamelan dipilih sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar sebanyak 70 siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, analisis angket dan analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t. hasil analisis angket menunjukkan bahwa 95% siswa merespon positif dengan pembelajaran ipa berbasis kearifan lokal dengan menggunakan media gamelan. Nilai thitung 0,595 lebih kecil dari nilai ttabel 2,00 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Keywords


kearifan lokal, minat, hasil belajar

Full Text:

XML

References


Trianto.2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT bumi aksara

Tipler A.Paul. 1998. Fisika untuk sains dan teknik jilid 1. Jakarta : Erlangga

de-Marcos, L., Hilera, J. R., Barchino, R., Jimenez, L., Martinez, J. V., Gutierrez, J. A., & Oton, S. 2010. “An Experiment For Improving Students’ Performance In Secondary And Tertiary Education By Means Of Mlearning Auto-Assessment”.International Journal of Teaching and Learning inComputers & Education, 55(3), 1069-1079.

Heck, A., & Ellermeije, T. 2010. “Mathematics assistants: Meeting the needs of secondary school physicseducation”. Acta Didactica Napocensi, 3(2).

Mun, W. K., Hew, K. F., & Cheung, W. S. 2009.”The impact of the use of response pad system on the learning of secondary school physics concepts: A Singapore quasi-experiment study”.British Journal of Educational Technology, 40, 848-860.

Keraf. 2002. Etika lingkungan. Jakarta: Kompas.

Isman, A., Yaratan, H., & Caner, H. 2007. “How Technology Is Integrated Into Science Education In ADeveloping Country : North Cyprus Case”. The Turkish Online Journal of Education Technology, 6(3),Article 5.

Aviles, R. M. H., & Moreno, A. H. 2010. “Creating the conditions for educational change:Learning styles andgender”. International Journal of Learning and Change, 4(3), 252-26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PANCAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.