Teknik Melanjutkan Cerita dapat Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Kelas IV SD Negeri 1 Tinggarjaya

Gigih Winandika, Kuat Sutopo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata meningkatkan kreativitas dari siklus I yakni 59,03% meningkat pada siklus II menjadi 87,53%. Nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa pada siklus I yaitu 45,95% dan nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa siklus II meningkat menjadi 86,61%

Keywords


Kreativitas, menulis, Bahasa Indonesia

Full Text:

XML

References


Arikunto S, Suharjo, dan Supardi, 2008. Penenlitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Guntur Tarigan, Henry. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Margono, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPG

Munandar,Utami, 1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: P.T. Rineka Cipta

Satori, Djamaan dan Aan Komariah., 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PANCAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.