Komparasi Keefektifan Model PBL dan PjBL ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa

Nanda Noor Fadjrin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa kelas X IPA melalui Model PBL lebih baik daripada Model PjBL Pada SMA Negeri
Kutasari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sumbang kelas X IPA yang berjumlah 94 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas.
Adapun sampel dipilih secara proportional cluster random sampling. Satu kelas menjadi kelas eksperimen I (X IPA I) dan satu kelas menjadi kelas eksperimen II (VIIIB). Kelas eksperimen I diberi pembelajaran Model PBL sedangkan kelas eksperimen II diberi Model PjBL. Pada akhir penelitian diberikan tes Prestasi Belajar. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan. Uji hipotesis diperoleh thitung = 1,125 dan ttabel = 1,674. Karena thitung < ttabel maka H0 tidak ditolak, yang artinya bahwa prestasi belajar kelas eksperimen I tidak berbeda dengan kelas eksperimen II. Dengan kata lain, bahwa kedua Model sama baiknya.

Kata kunci : Model PBL, Model PjBL, Prestasi Belajar

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ajai, J., Imoko, B.I., dan O’kwu, E., I. 2013. Comparison of the Learning Effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) and Conventional Method of Teaching Algebra. Journal of Education and Practice, vol. 4, no. 1, pg. 131-135.

Anwar, M.N., Rassol S.S., dan Haaq., R. 2012. A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, vol. 1, issue 1, pg 1-6.

Bowen, B. 2013. Measuring Teacher Effectiveness When Comparing Alternatively and Traditionally Licensed High School Technology Education Teachers in North Carolina. Journal of Technology Education. vol. 25, no. 1, pg. 82-100.

Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Program Pascasrjana. UNS Surakarata.

Cazolla, M. 2008. Problem-Based Learning And Mathematics: Possible Synergical Actions. Prosiding. Valencia: International Association of Technology,

Education and Development.

Chen, W., H. 2013. Teaching Geometry throught Problem-Basede Learninhg and Creative Design. Prosiding. Taichung: International Conference on Education and Educational Technologies.

Joyce, 2011. Models of Teaching. 2011. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Marsigit. 2013. Berbagai Metode Pembelajaran y ang Cocok untuk Kurikulum 2013. Seminar: Jakarta.

Nuriadin, I, dan Krisna, S., P. 2013. Analisis Korelasi Kemmapuan Berpikir Kreatif Matematik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, vol. 2, no. 1, pg. 65-74.

Padmavanthy, R., D. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, vol. 2, issue. 1, pg. 45-1.

Perveen, K. 2010. Effect of The Problem-Solving Approach on Academic Achievement of Students in Mathematics At The Scondary Level. Educational Research, vol. 3, no. 3, pg 9-14.

Silver, H. 2012. Srategi-Srategi Pengajaran. Jakarta. PT Indeks.

Suranto. 2010. Keefektifan Pembelajaran Model Problem Based Learnig Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Kompetensi Dasar Persamaan dan Fungsi Kuadrat ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Tesis. Surakarta: UNS Program Pascasarjana.

Wright, G.B. 2011. Student-Centered Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, vol. 23, no. 3, pg. 9297.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.