Efektifitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Pmri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII

Bryan Pudji Hartono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model PMRI dengan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester I MTs MINAT Kesugihan Cilacap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 256 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian esperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest kemampuan masalah yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test pada taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas nilai pretest menggunakan KolmogorovSmirnov pada kelas eksperimen yaitu nilai sig = 0,097 > 0,05 dan pada kelas kontrol yaitu nilai sig = 0,112 > 0,05, sehingga nilai pretest kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai pretest menggunakan Levene Statistic diperoleh nilai sig = 0,082 > 0,05, sehingga variansi kedua kelas homogen. Uji beda rata-rata menggunakan Independent Sample test menunjukkan nilai thitung = 3,014 > ttabel = 1,694, artinya kedua kelas tidak seimbang, sehingga dapat digunakan uji efektifitas menggunakan perbedaan nilai pretest dan nilai posttest dari kedua kelas. Uji normalitas nilai posttest menggunakan Kolmogorov-Smirnov pada kelas eksperimen yaitu nilai sig = 0,087 > 0,05 dan pada kelas kontrol yaitu nilai sig = 0,104 > 0,05, sehingga nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai posttest menggunakan Levene Statistic diperoleh nilai sig = 0,153 > 0,05, sehingga variansi kedua kelas homogen. Pada uji hipotesis diperoleh hasil analisis bahwa nilai thitung = 0,002 < ttabel = 1,694. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Kata kunci: PMRI, hasil belajar, matematika


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akhmad Fajri. 2016. Efektifitas Penerapan Pendekatan Realistik terhadap Hasil

Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

I Nyoman Darma. 2013. Pengaruh pendidikan matematika realistik terhadap pemahaman konsep dan daya matematika ditinjau dari pengetahuan awal

siswa SMP Nasional Plus Jembatan. (e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Matematika,2013).

Radja Mudyhardjo. 2014. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Umar Tirtarahardja. 2010. Pengantar Pendidikan. Makassar: UNM Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.