Hubungan Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika

Bryan Pudji Hartono

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi banyak faktor. Salah satu faktornya adalah lingkungan belajar sekolah kurang memadai dan kondusif yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester II MTs MINAT Kesugihan Cilacap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II MTs MINAT Kesugihan Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dariĀ 8 kelas dengan jumlah 256 siswa. Sampelnya diambil kelas VIII A sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data digunakan teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi dan teknik angket. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah data terkumpul, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika, dengan koefisien determinan ( ) dan persamaan regresi linier .

Kata kunci: lingkungan belajar, hasil belajar, matematika


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basir, L. O. 2008. Kemampuan Belajar atau Belajar Mandiri.

http://www.smadwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.html./ diunduh tanggal 29 Agustus 2016

Diamond, H. 2012. Lingkungan Belajar. [online]. Tersedia:

http://hendriansdiamond.blogspot.c om/201/01/lingkungan-belajar.html.

[diakses tanggal 27 Agustus 2016, 18.31].

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Hadi, S. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

_________. 1980. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

_________. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

_________. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sando, Akuin. 2013. Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Geografi. Universitas Lampung.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010A. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.