Hubungan Agresivitas, Kemandirian Belajar, Dan Keaktifan Berorganisasi Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Matematika

Bryan Pudji Hartono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara agresivitas, kemandirian belajar, dan keaktifan berorganisasi di sekolah dengan hasil belajar matematika siswa kelas X semester ganjil SMA YA BAKII Kesugihan Cilacap tahun ajaran 2015/2016. Sampelnya diambil dari kelas XB dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data digunakan teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi dan teknik angket. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) artinya tidak ada hubungan negatif dan signifikan antara agresivitas dengan hasil belajar matematika, (r2) = 0,1447 dan . Ada hubungan positif dan signifikan antara (2) kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika dengan , (r) = 0,1442 dan (3) keaktifan berorganisasi di sekolah dengan hasil belajar matematika dengan , (r2) = 0,4647 dan . Ada hubungan yang signifikan antara (4) agresivitas dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika dengan , (R2) = 0,3102 dan . SRX1 = dan SRX2 = 49,9086% serta SEX1 = dan SEX2 = 15,4796% (5) agresivitas dan keaktifan berorganisasi di sekolah dengan hasil belajar matematika dengan , (R2) = 0,5281 dan . SRX1 = dan SRX3 = 81,4978% serta SEX1 dan SEX3 = 43,0421% (6) kemandirian belajar dan keaktifan berorganisasi di sekolah dengan hasil belajar matematika dengan , (R2) = 0,5382 dan . SRX2 = SRX3 = 80,6080% serta SEX2 = dan SEX3 = 43,3783% (7) agresivitas, kemandirian belajar, dan keaktifan berorganisasi di sekolah dengan hasil belajar matematika dengan , (R2) = 0,6175 dan . SRX1 = SRX2 = 18,7394% dan SRX3 = 63,4697% serta SEX1 = SEX2 = 11,5718% dan SEX3 = 39,1934%. 

Kata kunci: agresivitas, kemandirian belajar, keaktifan berorganisasi, hasil belajar 

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basir, L. O. 2008. Kemampuan Belajar atau Belajar Mandiri. http://www.smadwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.html./ diunduh tanggal 29 Januari 2016

Dahar, Ratna Wilis. 2007. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Iindonesia Edisi ke 3. Jakarta: Balai Pustaka

_______. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Bab III Tentang Organisasi. Jakarta: Depdiknas

Hadi, S. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Holstein, H. 1986. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remaja Pustaka.

Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Leni dan P Tommy Y. S. Suyoso. 2006. Jurnal “Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal”.http://www.dc417.4shared.com/doc/Yb8bLQkE/preview.html. diunduh tanggal 29 Januari 2016.

Muhibbin Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terbaru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nashori, F. 2008. Psikologi Sosial Islami. Bandung: Refika Aditama.

Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sears, David O, Freedman Jonathan L, Peplau L Anne. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010A. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2010B. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutarto. 2006. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Tjandra, Sheddy Nagara, dkk. 2008. Kesekretarisan Jilid 1 Untuk Sekolah

Menengah Kejurusan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.