Upaya Meningkatkan Sikap Matematika Siswa Melalui Pendekatan CTL Setting NHT

Andriani Suzana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purbalingga dalam belajar barisan dan deret dengan menerapkan pendekatan CTL setting NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2017/2018 dan diperoleh sampel sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket sikap matematika siswa, dan catatan lapangan. Model penelitian yang digunakan adalah Model Spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Rancangan penelitian terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus II. Dari analisis hasil angket terjadi peningkatan sikap matematika siswa dari siklus I ke siklus II.Persentase sikap matematika siswa pada aspek afektif meningkat dari 74,81% pada siklus I dengan kualifikasi tinggi meningkat menjadi 80,23% pada siklus II dengan kualifikasi sangat tinggi.

Keywords: sikap matematika siswa, CTL setting NHT


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anita Lie. (2010). Mempraktikan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: what is it and why is it here to stay. Thousand Oaks, California: Corwin Press, Inc.

Johnson, E. B. (2009). Contextual teaching and learning: menjadikan belajar mengajar mengasyikan dan bermakna. (Terjemahan Ibnu Setiawan).Bandung: Mizan Learning Center.

Katagiri, S. Mathematical thinking and how to teach it. Dalam CRICED. (2004). Progress report of the apec project: Collaborative studies on innovations for teaching and learning mathematics in different cultures II-Lesson study focusing on mathematical thinking-. Tsubuka: University of Tsubuka.

Kose, S., et al. (2010). The effects of cooperative learning experience on eight grade students achievement and attitude toward science. Journal Education, Vol 131, No 1, 169-170. Research Library.

Marsigit. (2013). Berbagai metode pembelajaran yang cocok untuk kurikulum 2013. Jakarta.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rachmadi Widdiharto. (2004). Model-model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPG) Matematika.

Rochiati Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.