Eksperimentasi Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar dan Komunikasi Matematika Siswa

Riski Aspriyani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang mempunyai prestasi belajar atau komunikasi matematika lebih baik, siswa yang dikenai model Think Pair Share (TPS) atau Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Ya BAKKI 1 Kesugihan tahun ajaran 2015 dan diperoleh sampel sebanyak 100 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan tes komunikasi matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan multivariat satu jalan dengan uji Khi-Kuadrat Barlett. Dengan %5 diperoleh hasil analisis bahwa model TPS memberikan prestasi belajar dan komunikasi matematika lebih baik daripada model Konvensional.

Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Komunikasi Matematika Siswa, Model Think Pair Share (TPS).


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Budiyono. 2009. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Glomo, D.T. 2012. Think-Pair-Share: its Efefct on The Academic Performance of Esl Students. International Journal of Literature, Linguistics & Interdisciplinary Studies. (http://www.scribd.com/doc/118797451/think-pair-share-its-effect-onthe-academic-performance-of-esl-students), diakses 25 september 2017..

Pribadi.2011. Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Dian Rakyat.

Kagan.1989.The Structural Approach to Cooperative Leaening. Artikel Pendidikan Edisi December 1989/January 1999.

Rencher, A.C. 1998. Multivariate Statistical Inference and Aplications. Kanada: John Wiley and Son,Inc.

Timm, N.H. 1975. Multivariate Analysis with Applications in Education and

Psychology. United States America: Brooks/Cole Publishing Company.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.