PROSES PEMBUATAN ADAPTOR DISC BRAKE KENDARAAN RODA EMPAT BERBANTUAN CAD/CAM/CNC

Andana Budhi Andika, Toto Rusianto, Nidia Lestari, Taufiq Hidayat

Abstract


ABSTRAK

 

Dalam tulisan ini dibahas tentang proses pembuatan benda kerja Adaptor yang di latar belakangi oleh modifikasi, modifikasi yaitu merubah atau menambah bentuk suatu barang menjadi lebih menarik tanpa mengurangi fungsi aslinya. Secara spesifik adaptor di buat untuk kebutuhan modifikasi digunakan sebagai alat bantu penambah offset dan juga menjembatani perbedaan PCD (Pitch Circle Diameter). Dalam proses pembuatanya menggunakan bantuan software yakni CAD (Computer Aided Design) digunakan untuk merancang dan mengembangkan produk dan juga secara ekstensif digunakan dalam perancangan berbagai alat dan perlengkapan dalam komponen-komponen manufaktur. CAM (Computer-Aided Manufacturing) menunjuk ke pemakaian komputer yang mengkonversi rancangan dari CAD. Proses produksi memerlukan pembuatan perencanaan proses dan penjadwalan produksi, yang menjelaskan bagaimana suatu produk dibuat. Setelah proses di software CAM maka selanjutnya yaitu proses pemesinan (CNC) Computer Numerical Control  didefinisikan sebagai suatu komputer yang mengkonversikan rancangan menjadi sejumlah perintah (numbers) dimana komputer memanfaatkan kendali (control) untuk memotong (cutting) dan membentuk (shaping) material sesuai dengan rancangan. Setelah melewati proses di atas di dapatkan hasil dari pembuatan Adaptor dengan spesifikasi PCD (Pitch Circle Diameter) 5 x 114 mm, ketebalan 30 mm, diameter luar 160 mm, center bore 50 mm.

Kata kunci: Adaptor, CAD/CAM/CNC.

Full Text:

PDF

References


Didikkurnianto., 2018, Proses pembuatan spacer tromol roda belakang mobil Mitsubishi T120 SS berbantu CAD/CAM/CNC, Skripsi, Teknik MesinInstitut Sains &Teknologi Akprind, Yogyakarta.

Derio Arizona Wibowo., 2016, Pembuatan Bracket Handlebar sepeda motor berbantu CAD/CAM/CNC, Skripsi, Teknik Mesin, Institut Sains &Teknologi Akprind Yogyakarta.

EkoPrianto, Herlambang Sigit Pramono., 2017, Proses Permesinan CNC Dalam Pembelajaran Simulasi, Jurnal, Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta.

Sato, G. Takeshi; Hartanto, N. Sugiarto, 1986, Menggambar Mesin Menurut Standar ISO, Balai Pustaka

Windarto., 2008, Teknik Pemesinan ,Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta

Wirawan S., dkk., 2008, Teknik Produksi Mesin Industri Untuk SMK Jilid 2, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta

Yoga Hadi P., 2015 Penelitian Proses Manufaktur Hitch ball Berbasis CAD/CAM/CNC, Jurnal, Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.