INTEGRASI FUZZY-TQM UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEBERHASILAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TQM DAN BUDAYA KUALITAS DI PT. IRON WIRE WORKS INDONESIA
Abstract
Satu hal yang sangat berarti dalam meningkatkan kinerja menghadapi tantangan persaingan tersebut adalah melalui perbaikan berkelanjutan pada aktivitas bisnis yang terfokus pada konsumen, meliputi keseluruhan organisasi dan penekanan pada fleksibilitas dan kualitas. Oleh karena itu, kualitas dan pengelolaannya dikaitkan dengan perbaikan berkelanjutan dilakukan oleh banyak perusahaan agar dapat mendorong peningkatan pasar dan memenangkan persaingan. Perusahaan yang tidak mengelola perubahan tersebut akan ketinggalan.Sejalan dengan pergeseran paradigma organisasi dari ‘market oriented’ke ‘resources oriented’, maka salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan adalah dengan membenahi sumber daya yang dimilikinya agar bisa bertahan dalam persaingan jangka panjang. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengimplementasikan Total Quality Management untuk itu dalam makalah ini akan dilakukan studi TQM dengan mengintegrasikan FUZZY untuk menetahui tingkat keberhasilan dalam mengimplementasikan TQM dan Budaya Kualitas
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Dale, B.G. (2003). Developing, Introducing, and Sustaining TQM. Agustus, 2005
Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Umum,Jakarta
Gore Jr, E.W. (1999). Organizational culture, TQM, and Business Process Reengineering: An Emprical Comparison. Team Performance Management
Hardjosoedarmo, S. (2004). Total Quality Management. Andi, Yogyakarta
Purnomo, H. (2004), Pengantar Teknik Industri Bab VIII, Graha Ilmu, Yogyakarta
Setiawan, W. (2006). Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) terhadap Budaya Kualitas. Tesis. Program Pasca Sarjana, Universitas Brawijaya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JTI-UNUGHA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.