KAJIAN PENGUNAAN DRUM KILN PADA PROSES PRODUKSI ARANG DARI TEMPURUNG KELAPA

Christian Soolany

Abstract


Proses karbonisasi adalah proses meningkatkan nilai kalor biomassa dan menghasilkan pembakaran yang bersih dengan sedikit asap. Arang merupakan hasil dari proses karbonisasi sebagai alternatif bahan bakar. Proses pembuatan arang umunya menggunakan drum kiln, namun mempunyai beberapa kekurangan antara lain, waktu karbonisasi panjang, pengarangan tidak merata, dan banyak energi yang hilang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang drum kiln yang efisien dengan performansi terbaik. Penelitian dimulai dari merancang drum kiln kemudian diuji perfomansi menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan kombinasi perlakuan sebanyak enam variasi percobaan. Ulangan dilakukan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Faktor perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah lubang dalam drum kiln (L0 = Tungku dengan 9 lubang, L1 = Tungku dengan 4 lubang) dan volume tempurung kelapa (V0 = Volume tempurung kelapa 100% = 7 kg, V1 =Volume tempurung kelapa 90% = 6.3 kg, V2 = Volume tempurung kelapa 80% = 5.6 kg). Parameter yang diamati : efisiensi tungku pembakaran, jumlah arang matang, efisiensi kalor, kadar air, kadar abu, fixed carbon, volatile matter, dan waktu karbonisasi. Hasil penelitian diperoleh perlakuan terbaik L0V1  diperoleh nilai : kadar air 2.9 %, kadar abu 3 %, volatile matter 18.5 %, fixed carbon 75.4 %, waktu 32. 7 menit, efisiensi tungku pembakaran 87.11 %, efisiensi kalor 39.8 %, dan jumlah tempurung yang matang 100 %

Keywords


karbonisasi, arang tempurung kelapa, drum kiln

Full Text:

XML

References


Bank Indonesia. (2001). Pola Pembiayaan Usaha Kecil Pembuatan Arang Tempurung Kelapa. Penerbit TPP BK Bank Indonesia. Jakarta.

Holman, J.P. (1993). Perpindahan Kalor, Edisi Keenam. Erlangga. Jakarta.

Palungkun, R. (2004). Aneka Produk Olahan Kelapa, Penebar Swadaya. Jakarta.

Perwira, F.P. (2010). Rancang Bangun Drum Kiln Menggunakan Isolator Untuk Pembuatan Arang Tempurung Kelapa. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Robith. (2004). Tungku arang Thailand yang Sudah Ditingkatkan. (On-line). http://www.tungku.or.id.

Soerawidjaja, T.H. 2010. Peran Bioenergi dan Arah – arah Utama LitbangRap-nya di Indonesia. Lokakarya Gasifikasi Biomassa. Kampus ITB, Bandung. 16 – 17 Desember 2010. http://www.lppm.itb.ac.id/wp- content/uploads/2011/01/THSPeranBioenergiDanArahUtamaLitbangrap.ppt.

Wijaya, H. (2007). Perencanaan Drum Kiln Untuk Karbonisasi Arang Tempurung Kelapa. Skripsi. Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JTI-UNUGHA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.