PEMBUATAN SABUN PADAT DARI MINYAK GORENG BEKAS DITINJAU DARI KINETIKA REAKSI KIMIA

Siti Khuzaimah

Abstract


Minyak goreng adalah minyak nabati yang dimana memiliki masa penggunaan yang terbatas dalam pemakaiannya.Oleh karena itu, minyak goreng yang melewati masa pengunaannya harus digantikan dengan minyak goreng yang baru.Minyak goreng yang tidak bisa dipakai inilah yang biasa disebut dengan minyak jelantah. Akan tetapi apabila minyak jelantah tetap digunakan, maka akan terjadi beberapa hal yang merugikan bagi kesehatan. Maka dilakukan pemanfaatan minyak goreng bekas dengan cara mengolahnya kembali untuk pembuatan sabun padat. Sabun padat dihasilkan dari proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Faktor yang mempengaruhi proses saponifikasi, yaitu suhu, kecepatan pengadukan, waktu pengadukan, konsentrasi basa, dan jumlah basa yang digunakan. Variabel penelitian ini adalah jumlah NaOH (20 ml, 25 ml,30 ml dan 35 ml) dan waktu pengadukan (25 menit, 30 menit, 35 menit)

Keywords


NaOH, kinetika reaksi, minyak goreng bekas, saponifikasi

Full Text:

PDF

References


Fessenden, R. J dan Fessenden, J. 1994.“KimiaOrganik” . Edisi Ketiga. PenerbitErlangga. Jakarta.

Harnawi, T. 2004. “Studi Pembuatan Sabun Cairdengan Bahan Baku Minyak GorengHasil Reproseing”. Fakultas TeknologiPertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Hiskia, Achmad. 2001. “Elektrokimia danKinetika Kimia”. PT. Citra AdityaSakti. Bandung.

Inayah, Sufi dan Ika Novarita. 2011. “Pengaruhkonsentrasi NaOH dan KOH serta Kecepatan Pengadukan terhadap Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah”.Laporan Penelitian Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Ketaren. 1986. “Pengantar Teknologi Minyakdan Lemak Pangan”. UI Press. Jakarta.

Selfiawati E. 2003. “Kajian Proses Degummingdan Netralisasi pada Pemurnian MinyakGoreng Bekas”.Fakultas TeknologiPertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor

Wijana, S. 2005. “Mengolah Minyak GorengBekas”. Trubus Agrisarana. Jakarta

Wijana, S., Soemarjo, dan T. Harnawi. 2009.“Studi Pembuatan Sabun Mandi Cair dari Daur Ulang Minyak Goreng”. JurnalTeknologi Pertanian. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.