ANALISIS KINERJA PADA BAGIAN BIRO ADMINISTRASI INSTITUTE AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI (IAIIG) CILACAP

Amin Syukron

Abstract


Penilaian kinerja (performance appraisal) pada dasarnya merupakan faktor kunci guna mengembangkan suatu organisasi secara efektif dan efesien, karena adanya kebijakan atau program yang lebih baik atas sumber daya manusia yang ada dalam organisasi. Organisasi merupakan sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap adalah salah satu perguruan tinggi suasta di Kabupaten cilacap, dimana pimpinan perguruan tinggi tersebut mempunyai komitmen untuk melakukan perbaikan pada kinerja organisasi yang diawali dengan perbaikan kinerja sumberdaya manusianya. Berdasarkan pada proses penelitian, dengan mengimplementasikan performance appraisal didapatkan kesimpulan Kinerja biro administrasi dapat diukur tanpa melibatkan factor emosi dari pihak manapun, karena yang membuat pengukuran kinerja adalah karyawan yang bersangkutan, dimana karyawan tersebutlah yang menyusun program kerja dan membuat ukuran target pencapaiannya. Efisiensi dan efektifitas kinerja biro administrasi belum dapat diukur, karena pada saat alat pengukuran kinerja dirancang program kerja belum terdatakan.Dari 24 program kerja Ka.Biro terdapat 2 perspektif financial, 7 perspektif customer, 12 perspektif proses internal, dan 3 perspektif pengembangan SDM.

Keywords


Performance Appraisal, Balanced Scorecard, Perguruan Tinggi, Biro Administras

Full Text:

PDF

References


Adam C, dan Neely A. (2002) Point of View : Using the performance prism to boost the success of mergers and acguistions.

http/www.accenture.com/xd/xd.asp?it=enweb&d=Ideas/outlook/per-prism.xml.

Adam C, dan Neely A. (2002) The New Spectrum : How The Performance Prism Frame work helps. Center for bussines performance. Cranfield school of management, united kingdom. http/www.som.cranfield.ac.uk/som/cbp/prism in practice.pdf

Assahab, David, (2008) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Metode Performance Prism Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Malang, Teknik industri, UMM

Neely A, Adam C, dan Crowe P. (2002) Perspektive on Performance, the performance prism. Journal of measuring bussines performance at centre for bussines performance. . Cranfield school of management, united kingdom.

Neely A, Adam C, dan Kennerley M (2002). The Performance Prism : The scorecard for measuring and Managing bussines success. Cranfield school of management, united kingdom.

Neely A., Adam C, dan Crowe P (2002). Performance Prism in Practise. Center for Performance. Cranfield school of management, united kingdom. http/www.som.cranfield.ac.uk/som/cbp/prism in practice.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.