PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA JUAL PRODUK UMKM GULA MERAH DI KABUPATEN CILACAP

Reza Rahmadi, Christian Soolany, Asep Rahmat Pratama

Abstract


ABSTRAK

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah pilar kekuatan perekonomian yang kokoh, hal ini dibuktikan oleh tetap eksisnya UMKM saat Indonesia di landa krisis moneter akibat imbas dari krisis ekonomi global. Sedangkan di sisi lain yaitu perusahaan dengan sekala besar banyak mengalami gulung tikar. Sehingga terjadi pemutusan hubungan kerja yang luar biasa di tahun 1998. Pemanfaatan tanaman aren di Indonesia sudah berlangsung lama, namun belum lama ini perkembangannya meningkat menjadi komoditi agribisnis. Karena sebagaian tanaman aren yang diusahakan adalah tumbuh secara alamiah atau belum dibudidayakan. Hasil produksi aren yang paling banyak diusahakan oleh masyarakat adalah nira, yang diolah untuk menghasilkan gula merah dan produk ini memiliki pasar yang sangat luas. Usaha pengolahan gula merah kedepannya mempunyai prospek yang baik. Tetapi harus ditopang dengan keberadaan bahan baku serta lahan yang memadai. Guna menunjang kegiatan proses produksi gula merah tersebut. Selain itu, modal yang digunakan untuk membeli berbagai alat investasi memulai suatu usaha. Kemudian tenaga kerja untuk mempermudah dalam suatu pekerjaan. Sehingga perlu diuji kelayakan usaha dan strategi pengembangan yang tepat untuk memajukan UMKM gula merah.

Keywords


Kata Kunci : UMKM, Gula Merah, Uji Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Basuki, A. T., & Gayatri, U. (2009). Penentu Sektor Unggulan Dalam Pembangunan Daerah: Studi Kasus Di Kabupaten Ogan Komering Ilir. JESP: Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 10(1), 34-50

Dinas Perindag, Koperasi dan Penanaman Modal. (2007). Kabupaten Cilacap. [Depperin] Departemen Perindustrian Jakarta. (2009). Roadmap Industri Gula. Jakarta (ID): Departemen Perindustrian.

Hafsah, M. J. (2015). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). INFOKOP, 12(25).

Kuncoro, M. (2014). Otonomi daerah menuju era baru pembangunan daerah. Penerbit Erlangga.

Noviadji, B. R. (2015). Desain Kemasan Tradisional Dalam Konteks Kekinian. Artika, 1(1), 10-21

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, N. M. W., Suwarsinah, H. K., & Baga, L. M. (2016). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan, 12(1).

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Tambunan, T. (2012). Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia: isu-isu penting. LP3ES.

Utama, D. D. T., & Darwanto, D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Wicaksono, I.B., H. Susanto, & S., Agustina. (2011). “Analisis Usaha dan Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Pisang Agung (Studi Kasus Pada Kabupaten Lumajang”. Laporan Penelitian. Malang: Fakultas Pertanian Jurusan Sosial Ekonomi, Agribisnis, Universitas Brawijaya.

Artikel dari internet:

Badan Pusat Statistik. (2015a). Kabupaten Cilacap Dalam Angka.

Bank Indonesia. (2011). Five Finger Philosophy:Upaya Memberdayakan UMKM, (online),(http://www.bi.go.id/web/id/UMKMBI/Koordinasi/Filosofi+Lima+Jari/, diakses 3 oktober 2011).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.