Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas V SD Negeri Slarang 01 Tahun 2019

Eris Setyaningsih, Aris Naeni Dwiyanti, Wahyu Nuning Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning dan menganalisis peningkatan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 01 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus rata-rata kelas 59,29 dengan persentase ketuntasan 23,52% dengan 4 siswa tuntas KKM dan 13 siswa tidak tuntas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi rata-rata kelas 63,76 denga persentase 47,05% dengan 8 siswa tuntas KKM dan 9 siswa tidak tuntas KKM. Pada siklus II meningkat menjadi rata-rata kelas 80,47 denga persentase 82,35% dengan 14 siswa tuntas KKM dan 3 siswa tidak tuntas KKM. Proses pembelajaran berlangsung terpusat pada siswa dengan bimbingan guru menerpakan model discovery learning. Dapat disimpulkanan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 01 tahun ajaran 2018/2019.


Keywords


hasil belajar ipa dan model discovery learning

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hidayati. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Group.

Neolaka, A dan Amialia, G. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.