Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasi (Warna, Bentuk, Dan Ukuran) Melalui Kegiatan Eksplorasi

Inayatul Lathifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam klasifikasi benda (bentuk, warna, dan ukuran) melalui kegiatan eksplorasi pada Kelompok Ibnu Sina I TK Qurrota A’yun Cilacap.  Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dan 2 kali pertemuan. prosedur tindakan penelitian dimulai dari perencanaan, perlakuan atau pemberian tindakan, dan pengamatan, dilanjutkan dengan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ditandai dengan meningkatnya kemampuan kognitif dalam klasifikasi benda selama proses pembelajaran berlangsung dengan hasil skor rata rata minimal 75 % dengan kriteria sangat baik dari jumlah anak pada masing-masing indikator untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi benda anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Kognitif Kelompok A Ibnu Sina I TK Islam Qurrota A’yun Cilacap dalam klasifikasi (warna, bentuk, dan ukuran) dapat ditingkatkan dengan kegiatan eksplorasi. adanya peningkatan Kemampuan Kognitif dalam klasifikasi pada setiap siklusnya. Pada kegiatan Pra Tindakan adalah 52, 60 %, kemudian di Siklus I mengalami peningkatan pada Pertemuan I menjadi 56, 77 % dan di Pertemuan II meningkat menjadi 61,97 %. Sedangkan di kegiatan Siklus II pada  Pertemuan I meningkat menjadi 85,41 % dan Siklus II di Pertemuan II meningkat menjadi 90,10 %.


Keywords


kemampuan kognitif, klasifikasi, kegiatan eksplorasi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Rini Hildayani, dkk. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas terbuka.

Tim Penyusun. 2005. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.