Penerapan Laboratorium Virtual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tambaknegara Tahun Ajaran 2019/2020

Aris Naeni Dwiyanti, Mawan Akhir Riwanto, Wahyu Nuning Budiarti

Abstract


Pendidikan IPA di sekolah dasar belum ditunjang dengan peralatan laboratorium yang memadai. Memanfaatkan era abad 21 laboratorium virtual dikemas untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar serta karakter siswa melalui penerapan laboratorium virtual pada tema pahlawanku. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswai kelas IV A dan IV B SDN 1 tambaknegara sebanyak 26 siswa. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dilakukan penelitian adalah 55 sedangkan setelah dilakukan penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 75.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan laboratorium virtual pada tema VI pahlawanku dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa.

Keywords


Labotarorium Virtual, Hasil Belajar, Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Suharsimi, Arikunto. (2018). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Jaya,Hendra.Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2.1, (2012): 80-90

Moh. Nazir. (2015). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alafabeta.

Kristian Ismail. (2010). Perencanaan Virtual – Lab untuk Layanan E-learning di Daerah Pedesaan. TELIMEK - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,STEI - Institute Teknologi Bandung

Ahmad, F. (2011). Pentingnya pembelajaran fisika melalui kegiatan laboratorium fisika berbasis inquiry. Orbith, 7, 86-93.

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.