Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Media Papan Napier Kelas III di SD Negeri Kalisabuk 03 Tahun 2019

Inarotul Humaero, Mawan Akhir Riwanto, Linda Dwi Sholikhah

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi perkalian dikelas III SD Negeri Kalisabuk 03 Tahun 2019 melalui media papan napier. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian. Sedangkan subjeknya adalah siswa kelas III SD Negeri Kalisabuk Cilacap Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media papan napier dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matermatika materi perkalian kelas III SD Negeri Kalisabuk 03 Cilacap tahun 2019. Hal tersebut dapat dibukikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, dimana pada kondisi awal 8 siswa tuntas dari 22 siswa dalam mata pelajaran matematika materi perkalian. Pada siklus I mendapatkan rata-rata nilai sebesar 67,59 dengan presentase ketuntasan sebesar 45,45%. Pada siklus selanjutnya yaitu siklus II mengalami peningkatan mendapatakan rata-rata nilai 80,04 dengan presentase ketuntasan sebesar 77,27%. Dengan demikian indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu siswa mencapai ketuntasan kriteria ketuntasan dengan presentase 70% telah tercapai

Keywords


Hasil Belajar Matematika, Media Papan Napier

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Y rama Widya.

Hasbullah. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Rostiana Sundayana, 2016. Media dan alat peraga dlam pembelajaran matemtaika, Bandung: ALFABETA

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R Dan D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana dan Ahmad, Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Novi Aristiani, “Penggunaan Media Batang Napier Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III SD 11 Belakang Tangsi Padang”. Vol. 1 No. 1, 2013, hlm. 296.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.