Peran Parenting pada Perkembangan Perilaku Anak-Anak Generasi Z

Khulaimata Zalfa

Abstract


Melalui library research, penelitian ini mengkaji sumber-sumber pustaka yang terkait dengan upaya untuk menemukan peran parenting dalam pengaruh yang beragam dan kompleks pada proses yang akan dilewati anak-anak generasi Z. Teori sistem ekologis berguna sebagai kerangka untuk memahami bagaimana proses perkembangan perilaku gen Z dipengaruhi oleh lingkungan  di dalamnya yang bertingkat-tingkat. Aspek keluarga dan sekolah di tingkatan mikro, sebagai lingkungan terdekat yang memiliki kontak langsung dengan anak, masih terdapat juga mesosystem, exosystem, macrosystem, chronosystem serta berbagai pola interaksinya


Keywords


parenting, perkembangan perilaku, anak, generasi Z

Full Text:

PDF

References


Barnes, K., Marateo, R. C., & Ferris, S. P. (2007). Teaching and learning with the Net Generation. Innovate: Journal of Online Education, 3(4), Article 1

Bronfenbrenner, U. 1989. Ecologycal System Theory. Annals of Child Development. Volume 6

Campbell. S.B. 1995. Behavior Problems in Preschool Children: A Review of Recent Research. Journal of Child Psychology and Psychiatry, Vol. 36. No.1, pp. 113-149

Grant, K.B., Rant, J.A. (2019). Home, School, and, Community Collaboration. Los Angeles: Sage Publication Inc.

Gupta, O., & Gulati, G. (2014, August). Psycho-analysis of Mobile applications usage among Generation Z Teens. International Journal on Global Business Management & Research, 3(1), 80-95.

Jonas-Dwyer, D., & Pospisil, R. (2004). The Millennial effect: Implications for academic development. Research and Development in Higher Education: Transforming Knowledge into Wisdom, 27, 194–206.

Kibtyah, Maryatul. (2014). Peran Konseling Keluarga dalam Menghadapi Gender dengan Segala Permasalahnnya. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Volume 9, Nomor 2.

Ordun, G. (2015). Millenial (Gen Y) Counsumer Behavior, Their Shopping Preferences and Perceptual Maps Associated with Brand Loyalty. Canadian Social Science, 11 (4), 40-55.

Swanzen, R., 2018, Facing The Generation Chasm: The Parenting And Teaching Of Generations Y And Z. International Journal of Child, Youth and Family Studies (2018) 9(2): 125–150

Shatto, B., & Erwin, K. (2016). Moving On From Millennials: Preparing for Generation Z. Journal of Continuing Education in Nursing, 47(6).

Schulz, P. (2018). Children as Commodities: Conflicting Discourses of Protection and Abuse of Children. Children Australia, 43(4), 231-244.

Vevere, V. (2015). Impact of Social Media on Interpersonal Communication Patterns. Socialiniu Mokslu Studijos, 7 (1), 124-138.

Zemke, R., Raines,C., & Filipzak, B. (2000). Generations at work. Managing the Clash of Veterans, boomers, Xers, and Nexters in your Workplace. Performance Research Associates, Inc.

Dari internet

Howe, N. (2014). Introducing the Homeland Generation (Part 1 & 2). Diakses dari https://www.forbes.com/sites/neilhowe/2014/10/27/introducing-the-homeland-generationpart-1-of-2/#7bce43102bd6&

https://www.forbes.com/sites/neilhowe/2014/10/31/introducing-the-homeland-generationpart-2-of-2/#1d6cfcbccbb6

Jaschik, S. (2013, June 6). Banned from blogging. Inside Higher Ed. Retrieved from https://www.insidehighered.com/news/2013/06/06/appeals-court-upholds-bloggingrelated-expulsion-student-nursing-school

KOMINFO. (2018). Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. Diakses tanggal 26 Oktober 2018, dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers

TEMPO. (2018). Citra Buruk Generasi Milenial di Dunia Kerja. Diakses tanggal 12 Desember 2019 dari https://gaya.tempo.co/read/1108355/citra-buruk-generasi-milenial-di-dunia-kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.