Pengembangan Tes Kesiapan Motorik Masuk Sekolah (Kemomase)

Wahyu Nuning Budiarti, Lumaur Ridlo

Abstract


Asumsi kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar masih memiliki fokus kepada seputar penguasaan membaca, menulis dan berhitung (calistung). Pentingnya faktor kematangan belajar disebutkan oleh Piaget sehingga anak memiliki motivasi instrinsik dalam belajar. Tes kemomase adalah tes kesiapan masuk sekolah untuk anak usia dini atau masih sekolah di Taman kanak-kanak, tes ini bertujuan membantu guru dalam melihat perkembangan anak dan sebagai alat bantu evaluasi apakah siswa tersebut sudah siap masuk Sekolah Dasar atau belum. Tujuan penelitian adalah mengembangkan tes kesiapan motorik masuk sekolah (Kemomase) yang dapat didesiminasikan untuk anak usia pra sekolah dan menguji validitas dan reliabilitas alat Tes kemomase yang dikembangkan. Model Pengembangan Penelitian pengembangan ini mengacu pada tahapan pengembangan four D- Model yang terdiri atas tahapan pendefinisian (define), tahapan perancangan (design), tahapan pengembangan (develope), dan diseminasi  (disseminate). Model ini juga dikenal dengan istilah four D Model. Model ini dipilih karena tepat untuk menghasilkan sebuah produk penelitian yang tepat guna yaitu Tes Kemomase diuji kelayakannya dengan uji validitas dan reliabilitas untuk menjadikan tes kesiapan belajar yang terstandar.  1. Produk berupa instrumen evaluasi yang disebut Kemomase (Kemampuan Motorik Masuk Sekolah) untuk membantu guru melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya, kemudian didesiminasikan ke beberapa sekolah TK. Produk dibuat masih menggunakan kertas dan beberapa alat peraga masih menggunakan milik sekolah, untuk kesiapterapan teknologi, peneliti berusaha mengambangkan Tes Kemomase ini ke dalam aplikasi di android supaya bisa lebih mudah digunakan, sampai dengan penelitian berakhir, desiminasi masih menggunakan soft file untuk memudahkan guru jika ingin menggunakan. hasil penelitian yang diperoleh bahwa produk dapat diaplikasikan dan dapat langsung digunakan oleh guru. Validitas isi menggunakan Aiken, reliabilitas menunjukan tingkat konsistensi internal instrumen tinggi.


Keywords


Kemomase; Kesiapan Masuk Sekolah; Kemampuan motorik anak

Full Text:

PDF

References


Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar ,

E.L. (2012). Development Through The Lifespan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endang Supartini, 2001. Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial.Yogyakarta, FIP. UNY

Johar Maknun, dkk. Pengembangan Materi Fisika Berorientasi pada Program Produktif Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Diaksses tanggal 3 Juni 2017 dari http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/19680308199 3031-

Lynn, M. R. (1986). Determination and quantification of content validity. Nursing Research, 35, 382–385. Diakses 23 Agustus 2017, dari http://journals.lww.com/nursingresearchonline/citation/1986/11000/determination_and_q uantification_of_content.17.aspx

Muhamad Ali, 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik, Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1, Maret 2009

Muhammad Rustam. (2013). Skripsi : Tanggapan Siswa Kelas Atas Terhadap Proses Pembelajaran Senam Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kokosan Prambanan, eprints.uny.ac.id.

Napis Markawi. (2013). Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, Dan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Vol 3, No 1.

Rina Nurwanti. 2009. Penyusunan Lembar Kerja Siswa IPA (Biologi) Materi Pokok Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan untuk SMP Kelas VII Semester I Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Soetjiningsih., 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. pp: 1, 29-30, 65-73, 121-6.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bsndung: Alfabeta.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Parama Publishing

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, Indiana:Indiana University Bloomington


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.