Analisis Keterampilan Pengembangan Media Komik Digital Calon Guru SD Dalam Menjawab Tantangan Kemajuan Era Digital

Mawan Akhir Riwanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan gambaran keterampilan calon guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran komik digital mulai dari perencanaan (pembuatan rancangan cerita) hingga pembuatan komik digital menggunakan software Cartoon Story Maker. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari portofolio calon guru dalam mengembangkan media komik digital. Hasil dari penelitian iniĀ  adalah 1) Calon guru dari prodi PGSD UNUGHA telah memiliki kemampuan yang cukup untuk mengembangkan media komik digital; 2) Kreativitas mahasiswa dalam pengembangan komik digital cukup tingga mengingat variasi cerita yang berbeda semua dari seluruh calon guru

Keywords


komik digital, media pembelajaran interaktif, Cartoon Story Maker

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Ambaryani, A., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19-28.

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energ. PANCAR, 2(1).

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.