Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPA melalui NHT Kelas IV SD Negeri 3 Linggasari

Mey Prihandani Wulandari, Sudi Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA setelah mengikuti metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran melalui metode Cooperative Learning model NHT dapat: (1) meningkatkan kualitas proses belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek kerjasama siswa (siklus I: 2 kelompok, siklus II: 9 kelompok) dan pada aspek frekuensi bertanya (siklus I: 12 siswa, siklus II: 32 siswa). (2) meningkatkan kualitas hasil belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek prestasi ketuntasan belajar (siklus I: 14 siswa, siklus II: 36 siswa), pada aspek rasa kepuasan terhadap pembelajaran (siklus I: 16 siswa, siklus II: 36 siswa puas), pada aspek rasa ingin tahu tinggi (siklus I: 12 siswa, siklus II: 36 siswa)

Keywords


NHT, PTK, Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPA

Full Text:

XML

References


Murphy, C., & Beggs, J. (2003). Children’s perceptions on school science. School Science Review, 84(308), 109-116.

Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008

Arikunto S, Suharjo, dan Supardi, 2008. Penenlitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PANCAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.