Peningkatan Motivasi Siswa dalam Berdiskusi IPA Menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis Komputer
Abstract
Tujuan penelitian ini : 1) meningkatkan motivasi diskusi siswa dalam pembelajaran materi energi alternatif dengan menggunakan media pendamping diskusi yaitu Teka Teki Silang (TTS) yang di sajikan dalam bentuk digital; 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen RPP, lembar observasi, dokumentasi, tes, dan angket balikan siswa. Data diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian : 1) Motivasi siswa dalam berdiskusi meningkat dengan digunakannya media pendukung berupa Teka Teki Silang (TTS) digital; 2) Capaian hasil belajar siswa meningkat dengan digunakannya media pendukung berupa Teka Teki Silang (TTS) digital
Keywords
TTS digital, motivasi diskusi, energi alternatif
Full Text:
XMLReferences
Murphy, C., & Beggs, J. (2003). Children’s perceptions on school science. School Science Review, 84(308), 109-116.
Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008
Arikunto S, Suharjo, dan Supardi, 2008. Penenlitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PANCAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.