Efektifitas Model Learning Cycle 5E dan 7E dalam Pembelajaran Turunan Fungsi ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas XI

Bayu Bagus Riyandiarto

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Model Learning Cycle 5E dan 7E dalam Pembelajaran Turunan Fungsi ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen murni. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MA Minat Cilacap Kesugihan tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling, sehingga kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3 terpilih sebagai sampel. Teknik analisis data dalam penelitian adalah teknik analisis data kuantitatif. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dan 7E efektif dalam Pembelajaran Turunan Fungsi ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa.

Kata Kunci: model 5E, model 7E, Prestasi belajar siswa


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik .Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar Matematika I. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana,N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.