Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar, keaktifan belajar, dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP PGRI Kalibagor tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP PGRI Kalibagor Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 20 siswa. Sedangkan sampelnya diambil 15 siswa sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data digunakan teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi dan teknik angket. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah data terkumpul, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji independensi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier. yang berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Amin, M. A. 2009. Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester 1 Madarasah
Tsanawiyah Al-Mu'awanah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. Yogyakarta: UAD Yogyakarta.
Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
________. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Baharrudin dan Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz
Media. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Bab II tentang Dasar, Fungsi dan Tujuan
Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.
Hadi, S. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi.
Hamalik, O. 1980. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar.Bandung: Tarsito.
__________. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
__________. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
__________. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanti, S. 2011. Hubungan Intensitas Belajar dan Kemampuan Verbal dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS Semester 1 SMA
Muhammadiyah 115 Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta : UAD Yogyakarta.
Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional. Larasati, D. 2012. Pengaruh
Lingkungan Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta : UAD Yogyakarta.
Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010A. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
. 2010B. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Yusuf, M. 1982. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.