Hubungan Intensitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII

Bayu Bagus Riyandiarto

Sari


Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa antara lain kurangnya intensitas belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester II MTs Minat Kesugihan tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 125 siswa, sedangkan sampelnya diambil kelas VIII A sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data digunakan teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi dan teknik angket. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah data terkumpul, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji independensi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi.

Kata Kunci: Intensitas Belajar, hasil belajar, Matematika

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Prabowo, A. 2010. Penguasaan Konsep Matematika. [online]. Tersedia: http://karyailmiah- ardhiprabowo.blogspot.com/2010/060penguasaankonsep-matematika.html.[diakses tanggal 25 November2012, 08.45].

Riduwan.2011.Dasar-dasar Statistika.Bandung: Alfabeta.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010A. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.