Pengaruh Penerapan Permainan Kartu Domino Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X

Andriani Suzana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kartu dalam permainan domino terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X dalam belajar aturan sinus dan cosinus. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 33 siswa untuk kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran permainan kartu domino dan sampel kedua juga berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Analisis data pada kedua kelompok belajar menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,043 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media modifikasi kartu domino terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X pada materi aturan sinus dan cosinus.

Kata kunci: Kartu Domino, Prestasi Belajar, Aturan Sinus dan Cosinus


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Cyntia M. Onderweller, Christoper T. Hsu, and Stephen E. Di carlo, Educational Card Games for Understanding Gastrointerstinal Physioogy, Jurnal Advances in Phisiology Education, Vo. 2 No.1, 1998, h. 78.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Eikaas, Tor Ivar, et. al., Game Based Dynamic Simulations Supporting Technical Education and Tarining, International Journal of Research Studies in Educational Technology, Vol. 1 No. 1, 2005.

Leongwan Vun, et. all, Educational D-N-A Card Game for The Understanding of DNA and Biotechnology, International Journal of Education and Research, Vol. 1 No. 6, 2013, h. 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.