Efek Emotional Intelligence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Riski Aspriyani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Emotional Intelligence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan hubungan antara Emotional Intelligence siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2015 dan diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket Emotional Intelligence siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linearitas sebagai prasyarat analisis. Dengan %5 diperoleh hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Emotional Intelligence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan mempunyai korelasi positif antara kedua variabel penelitian tersebut.

Keywords: Emotional Intelligence, kemampuan pemecahan masalah matematis.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret

University Press.

Budiyono. 2009. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret

University Press.

Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan FMIPA UNY pada 16 Mei 2009.

Goleman, D. 2003. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for Schools Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Pribadi. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sutawidjaja, A. 1998. Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika.Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Program Pascasarjana IKIP Malang pada 4 April 1998.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.