DESAIN PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK KOMPOR BIOMASSA DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Kharis Munandar Fikri, Amin Syukron, Christian Soolany

Abstract


Kompor menjadi salah satu teknologi yang berperan penting dalam pemanfaatan energi pada sektor rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Metode pengumpulan data yang diilakukan yaitu studi literatur yang bertujuan untuk mendapatkan data sebagai landasan teori yang berhubungan dengan penelitian ini. studi lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner terbuka serta parameter teknis dalam perancangan kompor. Konsumen yang menjadi obyek penelitian adalah sektor rumah tangga, dan membangun Quality Function Development (QFD). Dari hasil penelitian ini terdapat  9 atribut kompor biomassa, dimana semua atribut tersebut perlu diperhatikan oleh produsen untuk meningkatkan daya saing,Penerapan Quality Function Development (QFD) sangat membantu perusahaan untuk menangkap keinginan customer tehadap produk kompor biomassa terhadap produk sejenis.

Full Text:

PDF

References


Wignsoebroto, Sritomo, 1995, Ergonomi, Studi Gerak Dan Waktu Teknik Analisa Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Edisi Pertama, guna widya, Jakarta

Utami, H. 2008. Menghemat Kayu Bakar dan Arang untuk Memasak Dipedesaan Dengan Briket Bioarang. Yogyakarta: UGM Press

Yoji, Akao. 1990. Quality Function Deployment, Cambridge: Productivity Press.

Yuniarto, Agung. Hari. 2006. Pengukuran dan Peningkatan Kinerja Perusahaan

Ulrich, Karl. T, Eppinger, Steven D, 2001, Product Design And Develpoment, Mc. Graw Hall Inc., Pennsylvania.

Palewai, rusli Yusup, 2001, Penerapan Quality Function Deployment Dalam Perancangan Kopor Besar Yang Ergonomis Untuk Jama’ah Haji Indonesia, Tesis Teknik Industri ITS.

Sutalaksana, Iftikar. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Palewai, rusli Yusup, 2001, Penerapan Quality Function Deployment Dalam Perancangan Kopor Besar Yang Ergonomis Untuk Jama’ah Haji Indonesia, Tesis Teknik Industri ITS.

Handbook of Energy & Economic Statistics of Indonesia HEESI, 2016, www.handbookofenergy.org (7 oktober 2019)

United Nations Environmen Programme.2006. Peralatan Energi Panas: Tungku dan Refraktor Pedoman Efisiensi Energi untuk Industri. www.energyefficiencyasia.org (8 oktober 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.