ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG SEBAGAI KOMPONEN BATERAI RAMAH LINGKUNGAN

Andika Ristiono

Abstract


Baterai merupakan sumber energi listrik untuk peralatan elektronika. Limbah baterai sangat berbahaya bagi lingkungan karena mengandung bahan berbahaya dan beracun. Sehingga perlu adanya baterai yang ramah lingkungan. Kulit pisang dapat digunakan sebagai alternatif komponen baterai yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kuat arus dan tegangan yang dihasilkan oleh baterai dari kulit pisang dan hubungan antara massa pasta kulit pisang dengan kuat arus dan tegangan yang dihasilkan. Jenis pisang yang digunakan pada penelitian ini yaitu pisang Ambon dan pisang Muli. Hasil peneltian menunjukkan bahwa baterai dari kulit pisang Ambon menghasilkan kuat arus dan tegangan yang lebih besar dibandingkan dengan baterai dari kulit pisang Muli. Massa pasta kulit pisang sebanding dengan tegangan dan kuat arus yang dihasilkan baterai yang berisi pasta kulit pisang.

Full Text:

PDF

References


Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti. Ed. ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fitriani, D. (2013). Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Elektrolit Pada Sel Kering.Skripsi. Bandung: UIN Bandung.Tidak diterbitkan.

Igharo, Kenneth O. (2012). Construction of a primary Dry Cell Battery From Cassava Juice Extracts (The Cassava Battery Cell). Journal of Educational and Social Research.2,(8), 18-23.

Jayashantha, N., Jayasuriya, K.D., dan Wijesundera, R.P. 2012.Biodegradable Plantain Pith for Galvanic Cells.Srilangka.Proceedings of the Technical Sessions(28),92-99.

Kartawidjaja,M.,Abdurrocman,A.,danRumeksa,E.2011.Pencarian Parameter Bio-Baterai Asam Sitrat (C6H8O7).Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II :105-115

Muh. Muhlisin, Noer Soedjarwanto, M. Komarudin. (2015). Pemanfaatan Sampah Kulit Pisang dan Kulit Durian Sebagai Bahan Alternatif Pengganti Pasta Batu Baterai.ELECTRICIAN – Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro.Volume 9, No. 3,137-147

Purwati, Wiwik W. & Harjono, Teguh M.2017.Analisis Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Energi Alternatif Pada Batterai.EKSERGI-Jurnal Teknik Energi.Volume 13,No.2,61-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.