RANCANG BANGUN ALAT PENGUPAS DURIAN TIPE PRESS

Frida Amriyati Azzizzah, Christian Soolany

Abstract


Durian bawor merupakan durian yang popular di Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen, Banyumas. Desa sentra durian ini memiliki puluhan ribu pohon durian.Bobot yang besar dan jumlah yang banyak saat musim panen menjadikan petani ataupun pedagang butuh tenaga ekstra jika mengupas durian secara manual.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun alat pengupas tipe press yang layak dan efektif digunakan untuk mengupas durian bawor. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan angket respon dan untuk mengetahui kelayakan penilaian ahli menggunakan statistik V Aiken. Hasil penelitian yaitu produk pengembangan berupa rancang bangun alat pengupas durian tipe press layak dan efektif digunakan untuk mengupas durian bawor.

Kata kunci: alat, desain, tipe press

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational research: an introduction,fifth edition. New York: Longman.

Sairullah, dkk. (2018) Redesain Alat Pembelah Buah Durian Menggunakan Prinsip Sistem Mekanik Vertical Press dan Portable. JPTPG, 3(1), 8-18.

Setiawan, dkk. (2018).Pengembangan Desain Model dan Prototipe Mesin Sikat Karpet Mekanik dengan Penggerak Motor Listrik. Turbo, 7(1), 36-42.

Sularso. 1994. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta. PT Pradniyan Paramita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.