OPTIMASI ALAT PENCETAK BRIKET PELET TIPE SCREW

Dhimas Oki Permata Aji, Christian Soolany

Abstract


Penelitian ini berjutuan untuk menguji rancang bangun alat pencetak  briket tipe screw untuk proses produksi biobriket pellet. Limbah biomassa dapat langsung digunakan sebagai bahan bakar, dikonversi terlebih dahulu menjadi arang, atau dikempa terlebih dahulu menjadi briket. Salah satu penggunaan limbah biomassa yang dapat diolah menjadi arang briket adalah kakao. Dengan pembuatan alat pencetak briket yang telah dirancang dimaksudkan untuk mempermudah proses pengolahan limbah biomassa kakao atau limbah biomassa yang lainnya menjadi briket arang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa briket arang yang dihasilkan oleh alat pengempa briket memiliki uji mutu kualitas briket yang baik.

Kata kunci: optimasi, limbah biomassa, briket, kakao, uji mutu briket.


Full Text:

PDF

References


Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM). 2004. Statistik Energi Indonesia. (On-line). www.isjd.pdii.lipi.go.id. Diakses 20 Desember 2018

Departemen Pertanian (Deptan). 2007. Gerakan Peningkatan Produksi dan Mutu Kakao Nasional. (On-line). www.ditjenbun.deptan.go.id. Diakses 15 Maret 2010

Kardianto, P. 2009. Pengaruh Variasi Jumlah Campuran Perekat Terhadap Karakteristik Arang Batang Jagung. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Palungkun, R. 2004. Aneka Produk olahan Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta. 118 Hal.

Sudarmaji, S. B., Haryono dan Suhardi. 1997. Prosedur Analisa Untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty, Yogyakarta

Wijaya, H. 2007. Perencanaan Drum Kiln Untuk Karbonisasi Arang Tempurung Kelapa. Skripsi. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Kristen Petra. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.