ANALISA EFISIENSI ENERGI ALAT PENDINGIN PORTABLE DI SEPEDA MOTOR

Hengki Hengki, Mamat Rahmat, Setya Permana Sutisna

Abstract


Alat pendingin portable adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman  agar suhunya tetap dalam keadaan dingin. Alat pendingin portable ditempatkan di dalam side box sepeda motor, dimana fungsi umum dari side box tersebut adalah sebagai tempat untuk menyimpan barang. Digunakan sebagai tempat alat pendingin portable, side box tersebut dilengkapi dengan sistem pendingin dengan menggunakan termoelektrik (peltier) sebanyak dua elemen peltier sebagai sistem pendinginnya. Rancang bangun sistem pendingin bertujuan untuk meningkatkan fungsi sistem pendingin agar mencapai suhu sebesar 10oC – 15oC pada alat pendingin portable yang digunakan untuk mendinginkan kapasitas beban sebesar 1 liter dan ramah terhadap lingkungan ketika digunakan. Pada saat pengujian dengan kapasitas beban 3 botol air ukuran @330 ml telah dicapai suhu dalam ruang pendingin sebesar 19,53oC, dimana suhu lingkungan (ambient) sebesar 27,70oC. Dan suhu air yang didinginkan dimana botol satu (B1) yang dekat dengan coldsink bersuhu 20oC, botol dua (B2) bersuhu 22oC dan botol tiga (B3) bersuhu 23oC.

 

Keywords : Termoelektrik, Peltier, Alat Pendingin Portable

Full Text:

PDF

References


Departemen Teknik Mesin Industri Fakultas Vokasi Institut. 2017. Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Sugiyanto. 2008. Pengembangan Peti insulasi Sepeda Motor Berbasis Termoelektrik dan Heat Pipe [skripsi]. Jakarta(ID): Universitas Indonesia.

Mansur. 2010. Pengembangan Peti Insulasi Tipe CB-02 Multifungsi Ramah Lingkungan Berbasis Termoelektrik untuk Kendaraan Roda Dua [skripsi]. Jakarta (ID) : Universitas Indonesia.

Chein R, Chen Y. 2005. Performances of Thermoelectric Cooler Integrated with Microchannel Heatsinks. International Journal of Refrigeration. 28 (2005) : 828–839.

Harsono Prasetyo. 2015. Analisis Pengaruh Luasan Heatsink Terhadap Unjuk kerja Portable Mini Refrigerator [Skripsi]. Universitas Jember.

R.S. Khurmi J.K. Gupta. 2005. Machine Desaign. Eurasia Publishing House (PVT.) LTD. Ram Nagar. New Delhi, 110-055.

D.H. Septa. 2012. Rancang Bangun Sistem Pengukur Efisiensi Sel Peltier Berbasis Mikrokontroler.pdf. Depok: Universitas Indonesia.

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/03/Pengertian-Resistance-Temperature-Detector.html

http://kl801.ilearning.me/2015/05/21/penjelasan-tentang-lm35/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.