RANCANG BANGUN MESIN SORTASI TELUR

Dhimas Oki Permata Aji

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah penirisan merupakan masalah yang baku dalam pembuatan produk ini karena akan menentukan kualitas dan ketahanan selama penyimpanan. Jika suatu produk pertanian banyak mengandung minyak maka dalam beberapa hari penyimpanan dapat menyebabkan bau tengik akibat proses oksidasi dan perubahan struktur minyak tersebut.

Proses penirisan merupakan proses pengurangan kandungan minyak bebas setelah tahap penggorengan. Ampas yang tertahan merupakan kumpulan sayatan deging yang dikenal dengan “abon”, sedangkan minyak yang lolos saringan dapat digunakan lagi untuk penggorengan. Dengan adanya tuntutan produk yang berkulitas, kering dan tahan lama maka tahap penirisan merupakan tahap yang penting dalam pembuatan abon. Salah satu strategi pemasaran yang mulai marak akhir-akhir ini pemasaran lewat internet/website atau sistem online. Keuntungan yang diperoleh dengan membuat toko di website ini adalah tidak perlunya membayar sewa tempat. Kelebihan lain dengan membuka toko di website, kegiatan bisnis dapat dioperasikan dimanapun, dari rumah ataupun dari kantor.


Keywords


Produktivitas, Sortasi, Telur.

Full Text:

PDF

References


Brown, G.G., 1973. Unit Operations. Charles E. Tuttle Co. Tokyo.

Charm, Stanley E., Sc.D. 1971. The Fundamental Of Food Engineering. Edisi kedua. The Avi Publishing Company, Inc. England.

Earle, R.L. 1983. Unit Operations in Food Processing. Second Edition. Pergamon Press. USA.

Foust, S. A., dkk., 1980. Principles of Unit Operations. 2ed. John Wiley & Sons. New York/ Chischester/ Brisbane/ Toronto.

Heldman, R. D., and Singh, P. R., 1981. Food Process Engineering. Second Edition. . The Avi Publishing Company, Inc. Westport. Connecticut.

Purwadi, T. 2004. Rancang Bangun dan Konstruksi Mesin Penyaring Sentrifuse untuk Industri Tahu. Laporan Penelitian dengan Surat Perjanjian No. 749/FTP-UGM/PL/04.

Radi. 2004. Rancang Bangun dan Konstruksi Mesin Penyaring Bubur Kedelai Tipe Sentrifugal. Skripsi S-1. F-TP. UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JTI-UNUGHA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.