PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA
Abstract
Media merupakan salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 untuk meningkatkan kemampuan metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 dalam meningkatkan kemampuan metakognisis siswa SMP. Metode pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui tahapan pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Namun pada penelitian ini tahapan diseminasi atau penyebaran tidak dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata pretest (52) dan nilai rata-rata postest (70,5). Peningkatan kemampuan metakognisi ditunjukan dengan nilai uji N-gain (0,42) dengan kriteria sedang. Uji respon siswa setelah diterapkan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 diperoleh presentase (81,05) dengan kriteria tinggi. Disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muller, A. D. 2008. Designing Effective Multimedia for Physics Education. Thesis. University of Sydney
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Murray, J.W. 2014. Higher-order Thinking and Metacognition in the First-year Coreeducation Classroom: A case study in the use of color-coded drafts. Open Review of Educational Research, 1(1):56-69,http://dx.doi.org/10.1080/23265507.2014.964297
Nursofi, M. F., & A. Budiyono. 2011. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pelapisan dan Korosi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1): 25-30
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2):1-10
Rendik & Bety. 2014. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1):41-48
Rias, R.M. & H.B. Zaman. 2011. The Effects of Varied Animation in Multimedia Learning : Is the extra effort worthy?. International Journal of Digital Information and Wireless Communication (IJDIWC) 1 (3). 582-590
Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Veenman, M.V.J., J.J. Elshout, & V.V. Busato. 1994. Metacognitive Mediation in Learning With Computer-Based Simulations. Compurers in Human Behavior, 10: 93-106.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
WIJAYAKUSUMA PROSIDING SEMINAR NASIONAL