KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI AKTOR DAN AKTRIS KELAHIRAN CILACAP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Nurhaliza Husna, Hindun Hindun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis teks biografi aktor dan aktris kelahiran Cilacap menggunakan model pembelajaran think pair share. Sebagaimana diketahui bahwa sosok artis adalah publik figur yang dekat dengan masyarakat. Peneliti menghadirkan dua orang yang berasal dari Kota Cilacap melalui model pembelajaran think pair share di kelas. Model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons, serta saling membantu satu sama lain ini diimplementasikan dalam tatap muka kelas X IPS 2 SMA Al-Hasra, Bojongsari dengan jumlah siswa 26 orang. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan hasil teks biografi buatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi dengan model pembelajaran think pair share tersebut membuat siswa menjadi lebih aktif dalam berpikir mengenai konsep dalam mata pelajaran dan siswa dapat belajar dari siswa lainnya serta mempunyai kesempatan untuk berbagi atau menyampaikan idenya.


Keywords


Pembelajaran Menulis, Model Pembelajaran Think Pair Share, Teks Biografi, Aktor dan Aktris Cilacap.

Full Text:

PDF

References


Burhan Nurgiyantoro, “Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi”, Penerbit BPFE-Yogyakarta, 2016, Yogyakarta, Edisi Kedua, Cetakan Ketujuh,

Eriana Ristiani, “Keefektifan Model Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa pada Siswa SMA Kelas VIII MTs Negeri Godean Sleman Yogyakarta”, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016, https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://eprints.uny.ac.id/36989/&ved=2ahUKEwisxMiBroLkAhUQinAKHRXMB4AQFJAAegQIAxAB&usg=AOvVaw1WNVjLVs21n6mqXN0pC6_U, [diakses 17 April 2019].

Erlita Cagya Widha Wardhani, “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi Menggunakan Metode Pengajaran Langsung pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2017), http://202.91.10.51.8080/xmlui/browse?type=author&value=Wardhani%2C+Erlita+Cahya+Widha, [diakses 4 April 2019].

Fairul Zabadi dan Sutejo, “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan”, Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta, 2014, Cetakan Pertama

http://berbagidefinisi.blogspot.com/2013/07/pengertian-aktor-dan-aktris.html, 9 Juli 2013, 07:01, [diakses 1 September 2019]

Pepih Nugraha, “Ranjau Biografi”, Penerbit PT Bentang Pustaka, Yogyakarta, 2013

Ratna Wulandari, “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas III B SD Labschool Unnes”, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, lib.unnes.ac.id?21573?1?1401411221-s.pdf, [diakses tanggal 20 Desember 2018].

Richards I. Arends, “Learning to Teach”, Penerbit McGraw Hill Education, New York, 2007, Edisi Ketujuh

Syahrin Harahap, “Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi”, Penerbit Prenadamedia Group, Jakarta, 2014, Cetakan Kedu

Trianto Ibnu Badar al-Tabany, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontesktual”, Penerbit Prenadamedia Grup, 2014, Jakarta, Cetakan Pertama

Zainal Arifin, “Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru”, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), Cet. ke-1,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


WIJAYAKUSUMA PROSIDING SEMINAR NASIONAL