ANALISIS KECEPATAN ANGIN DAN ARUS DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE WINDWAVE 05 TERKAIT VOLUME PRODUKSI IKAN DEMERSAL DI SEKITAR PERAIRAN CILACAP

Lusiani Lusiani, Teguh Wardoyo

Abstract


Tujuan yang akan dicapai dalam kajian ini yaitu menganalisis kecepatan angin dan arus menggunakan Software Windwave 05 terkait volume produksi ikan demersal di sekitar Perairan Cilacap. Metode dalam penelitian ini berupa kajian Penginderaan Jarak Jauh. Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di Perairan Cilacap. Pengambilan data di lingkup Perairan Cilacap karena penulis ingin memperoleh analisis kecepatan angin dan arus menggunakan Software Windwave 05 terkait volume produksi ikan demersal di sekitar Perairan Cilacap yang digunakan sebagai kajian yang dapat diacu beberapa pihak yang terkait dengan pelayaran maupun perikanan. Metode yang digunakan yaitu dengan pengolahan data angin permukaan yang diperoleh melalui data BMKG. Kegiatan khusus yaitu mengolah data arus dan gelombang yang berbentuk grib selama 1 tahun (2016), kemudian dianalisis menggunakan software windwave 05 dengan mengambil di dua titik Perairan Cilacap. Data kecepatan angin dan arus akan dikaitkan dengan data volume produksi ikan demersal yang diambil dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cilacap tahun 2016. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan angin dan arus sebanding dengan volume produksi ikan demersal yang dihasilkan. Hal ini terjadi pada kurun waktu 1 tahun yaitu 2016. kecepatan angin dan arus kecepatan angin dan kecepatan arus memiliki kaitan secara signifikan dengan volume produksi ikan yang diperoleh di sekitar Perairan Cilacap. Semakin cepat angin bergerak maka arus yang dihasilkan juga semakin cepat dan sebanding dengan volume produksi ikan yang diperoleh. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kecepatan angin dan kecepatan arus memiliki kaitan secara signifikan dengan volume produksi ikan yang diperoleh di sekitar Perairan Cilacap.


Keywords


analisis, ikan demersal, kecepatan angin, kecepatan arus

Full Text:

PDF

References


Akhmad Fadholi. 2013. “Analisis Data dan Arah Kecepatan Angin Landas Pacu (Runway) Menggunakan Aplikasi Windrose Plot (WRPLOTS)”. Jurnal Ilmu Komputer. 09 (02), September 2013.

Daruwedho, H,.dkk. Analisis Pola Arus Laut Permukaan Perairan Indonesia dengan menggunakan Satelit Altimetri Jason-2 Tahun 2010-2014. Jurnal Geodesi Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016, (ISSN : 2337-845X).

Feirani,dkk. Analisis Stabilitas Penyumbatan Muara Sungai Akibat Fenomena Gelombang Pasang Surut, Aliran Sungai dan Pola Pergerakan Sedimen pada Muara Sugai Bang, Kabupaten Malang. Teknik Sipil Minat Teknik Sumber Daya Air Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Kurniawan, R, dkk. 2013. Verifikasi Luaran Model Gelombang Windwaves-05 dengan Satelit Altimeter. JURNAL METEOROLOGI DAN GEOFISIKA VOL. 14 NO. 3 TAHUN 2013 : 149-158.

Pieters Lourens & Isak L. 2013. Analisa Karakteristik Gelombang untuk Pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Eri Ambon. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi LOGIKA Volume 11 Nomor 1 Mei 2013 ISSN: 1693-9018.

Thomas, D. Pengembangan dan penerapan Informasi Spasial dan Temporal Zona berdasarkan Data Penginderaan Jarak Jauh. ISBN No: 978-602-14437-4-3. Bogor: Maxmum Crestpent Presss.

Tri. Ernawati. 2007. Distribusi dan Komposisi Jenis Ikan Demersal yang Tertangkap Trawl pada Musim Barat di Perairan Utara Jawa Tengah. Jurnal lktiologi Indonesia, Volume 7, Nomor 1, Juni 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


WIJAYAKUSUMA PROSIDING SEMINAR NASIONAL