MEWUJUDKAN CILACAP 4C MELALUI MODEL PENDIDIKAN 435-PE-4C

Umi Zulfa

Abstract


Abad 21 merupakan abad yang memiliki karakteristik tersendiri yang mengimplikasikan adanya perubahan, termasuk di dalamnya adalah dunia pendidikan. Oleh karena itu pada kajian ini dibahas mengenai formula baru yang bisa dilakukan manusia untuk mengadaptasi tuntutan 4C di satu sisi dan mempertahankan idealitas pendidikan itu sendiri melalui pengambilan nilai-nilai budaya  bangsa (435) sebagai lokalitas yang ramah, inklusif yang menjadi alternative penyeimbang dengan tuntutan global (PE-4C).


Keywords


4C, Peace Education, Islam Nusantara

Full Text:

PDF

References


BUSD. (2018). 21st Century Learning. Retrieved from Berresa Union School District Education Services: https://www.berryessa.k12.ca.us/documents/Common%20Core%20State%20Standards/BUSD%204Cs%20Presentation.pdf

Chang Zhu, D. W. (2013). What core competencies are related to teachers' innovative teaching? . Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 2013, Vol. 41, No. 1, 9–27, http://dx.doi.org/10.1080/1359866X.2012.753984.

Farras, B. (2019, May 13 pukul 13:08). Mengenal Artificial Intellegence dan Cara Kerjanya. Retrieved from CNBT Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190513130056-37-72069/

Harris, I. (2008, february 22). History of Oeace Education. Retrieved from https://www.tc.columbia.edu/epe/epe-entries/Harris_ch2_22feb08.pdf

Hazen (ed), I. H. (2015). 100 Ulama Dalam Lintas Sejarah NU. Jakarta: Lembaga Ta'mir Mesjid-PBNU.

Ishak, A. S. (2011). Guru, Generasi Z dan Pembelajaran Abad 21.

Mohammed Anwarul Islam dan Keita Tsuji. (2010). Assessing information literacy competency of Information Science and Library Management graduate students of Dhaka University,. IFLA Journal Of cial Journal of the International, Federation of Library Associations and Institutions, https://cf-www.ifla.org/files/assets/hq/publications/ifla-journal/ifla-journal-36-4_2010.pdf#page=20.

Muslihah, E. (2014). Pesantren dan Pengembangan Pendidikan Perdamaian. Studi Kasus di esantren An Nidzomiyyah Labuan Pandeglang Banten. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, Volume 14, Nomor 2, Desember 2014, 315-316.

Saleh, M. N. (2012). Peace education: kajian sejarah, konsep, & relevansinya dengan pendidikan islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sit, M. (2010). Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1, Januari 2010, 3.

Wahab, R. (9 Pebruari 2019). FGD FRI Tentang Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Padang: FRI.

Zulfa, U. (2018). Model of Islamic Religion Education 435 Based on Islam Nusantara on College. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 12, Nomor 1 Tahun 2018 , hal 13-26 (hal 23). Tersedia: http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/2462/pdf, 13-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


WIJAYAKUSUMA PROSIDING SEMINAR NASIONAL