AKTUALISASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBANGUN KONSEP DIRI YANG POSITIF PADA SISWA

Sumarginingsih Arifah Romawati

Abstract


Penanganan pembelajaran pada siswa dilakukan dengan setting kelompok. Sehingga pada sesi ini siswa diharapkan dapat aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya-jawab mengenai konsep diri yang positif dan manfaat penerapan konsep diri yang positif. Dalam kegiatan bimbingan kelompok ini diharapkan menjadi wahana pemahaman nilai positif, khususnya konsep diri positif yang dibentuk dengan pendekatan kelompok, sehingga para siswa tidak akan merasa terhakimi oleh keadaan sendiri, mereka juga akan merasa mendapat pembinaan dan informasi yang positif untuk pengembangan konsep diri yang positif.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Konsep Diri


Full Text:

PDF

References


Burns, R.B. 1993. Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku). Alih bahasa: Eddy. Jakarta: Arcan.

Jalaludin Rahmat. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Hurlock, E.B. 1999. Perkembangan anak (Jilid II). Alih Bahasa Meitasari Tjandrasa. Jakarta. Erlangga.

Purwanjari, Hestini. 2014. Hubungan antara Konsep Diri dengan Intensi Menyontek pada Siswa di SMP N 3 Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. (Tidak diterbitkan).Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,Universitas PGRI, Yogyakarta.

Surapranata, Sumarna, dkk (2016). Panduan Oprasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Kemdikbud.

Siti Hartinah. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CERMIN