PENGARUH MOTIVASI, KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. INJAKAYU TERPADU GUNUNG PUTRI – BOGOR

Hakim Hakim

Abstract


Motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja karyawan PT. Injakayu Terpadu Gunung Putri Bogor. Untuk membuktikan pengaruh tersebut maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan karyawan PT. Injakayu Terpadu Gunung Putri Bogor.

Penelitian dilakukan di PT. Injakayu Terpadu Gunung Putri Bogor dengan mengambil 70 karyawan sebagai sampel penelitian yang merupakan populasi terjangkau dari total populasi 230 karyawan. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup enam skala penilaian dari sangat buruk/rendah sampai dengan sangat baik/ tinggi. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-F dan uji-t.

Penelitian ini menghasilkan model yang layak yang menunjukkan Pengaruh motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap Kinerja karyawan yang ditunjukkan oleh persamaan regresi linier ganda Ŷ = 0,167 + 0,940X1 + 0,008X2 + 0,035X3. Koefisien korelasi sebesar R = 0,957 menunjukkan bahwa motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja berhubungan kuat terhadap kinerja karyawan. Nilai Adjusted R2 = 0,912 menunjukkan bahwa motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja dalam model secara bersama-sama mampu menjelaskan 91,2% variasi Kinerja Karyawan PT. Injakayu Terpadu Gunung Putri Bogor sedangkan 8,8% variasi lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Tiga temuan utama yang dihasilkan oleh penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu 1). Motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 2). Kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, 3). Lingkungan Kerjatidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti berikutnya, sebagai bahan penelitian pada bidang ilmu pengetahuan manajemen sumber daya manusia, perilaku organisasi atau ilmu pengetahuan yang sejenisnya.

 

Kata kunci: motivasi, kepemimpinan, lingkungan kerja dan kinerja.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Amin Wahyudi dan Jarot Suryono. (2006). “Analisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Informasi Komunikasi dan Kehumasan Kabupaten Boyolali”. Jurnal EMBA.

Bernardin & Russel. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia.Diterjemahkan oleh Bambang Sukoco. Bandung: Armico.

Eka Idham Iip K Lewa dan Subowo. (2005). “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pertamina (Persero) Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat, Cirebon”. Jurnal EMBA.

Ferdinand, Agusty. 2007. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu SP. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handayani, Agustuti. (2010) “Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung”. Jurnal EMBA.

Mangkunegara, Anwar Prabu AA. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Persahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu AA. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Persahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyanto, Heru dan Anna Wulandari. (2010). Penelitian: Metode dan analisis. Semarang: CV. Agung.

Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Potu, Aurelia. 2013. “Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan pada Kanwil DitjenKekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara Di Manado”. Jurnal EMBA.

Purnomo, Joko. (2007). “ Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jepara. Jurnal EMBA.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Robbins, SP dan judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabetha.

Ato`Illah, Mohammad. 2014. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Di Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA, (Online), 4 (1): 1-18, tersedia: http://journal.stiewidyagamalumajang.ac.id, diuntuh 13 mei 2015.

Fauzi, Imam. 2012.Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Manajemen Analysis Journal, (Online), 1 (1): 1-7, tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj, diuntuh 13 mei 2015.

Khairani, Diana. 2013.Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai

BAPPEDA. Malikusaleh Industrial Engineering Journal, (Online), 2 (1): 18-23, tersedia: http://journal.fe-unimal.org, diunduh 13 mei 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AMANU

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AmaNU: Jurnal Manajemen dan Ekonomi || e-issn, 2620-6099, p-issn, 2620-7680