ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI FAKULTAS EKONOMI UNUGHA CILACAP

Hasan Hasan Muzaki

Abstract


Keterlibatan Perguruan tinggi sebagai institusi ilmiah mencerminkan unsur-unsur dan kelembagaan serta berbagai fungsinya untuk menghasilkan keluaran yang berkualitas. Perguruan tinggi di Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai: Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Universitas. Dengan adanya pengklasifikasian bentuk perguruan tinggi di Indonesia, maka aspek dalam proses pemasaran harus bekerja dengan sempurna. Pemilihan segmen pasar perguruan tinggi, positioning, dan penempatan produk dibenak pelanggan harus tepat, karena selanjutnya brand dari sebuah perguruan tinggi akan menjadi semacam sebuah kontrak kepercayaan (a contract of trust) antara penyedia jasa (perguruan tinggi) dan pelanggan (mahasiswa) karena ia menjamin adanya konsistensi bahwa sebuah produk akan selalu dapat menyampaikan nilai yang diharapkan konsumen darinya.

Pemilihan segmen pasar perguruan tinggi, positioning, dan penempatan produk dibenak pelanggan harus tepat, karena selanjutnya brand dari sebuah perguruan tinggi akan menjadi semacam sebuah kontrak kepercayaan (a contract of trust) antara penyedia jasa (perguruan tinggi) dan pelanggan (mahasiswa) karena ia menjamin adanya konsistensi bahwa sebuah produk akan selalu dapat menyampaikan nilai yang diharapkan konsumen darinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen diatas yang sering disoroti adalah interaksi pegawai, karena interaksi pegawai menentukan langsung Citra dari lembaga keuangan tempat pegawai tersebut bekerja.  Interaksi pegawai ini dapat berupa pelayanan  yang baik seperti keramahan, sikap hormat dan empati yang ditunjukkan oleh masyarakat yang memberi jasa atau barang. Keramahan maupun sikap hormat sendiri dapat berupa memberikan salam kepada konsumen dan seragam yang digunakan. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain: 1). Kinerja, 2). Interaksi Pegawai, 3). Reliabilitas, 4). Daya tahan, 5). Ketepatan waktu, 6). Kenyamanan dan estetika, 7). Kesadaran akan merek. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen diatas yang sering disoroti adalah interaksi pegawai, karena interaksi pegawai menentukan langsung Citra dari lembaga keuangan tempat pegawai tersebut bekerja.

Full Text:

PDF

References


A Usmara, Strategi baru Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Amara Books, 2003

Ahmad Hasan Ridwan, Manajemen Baitul Maal Wa Tamwiil, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Anwar Sanusi, Metodologi Penulisan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2011

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek. Revoisi 8 Jakarta, Rineka Cipta: 2010.

Billy Kuek DBA, Creating Sales Magic. PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003.

Hartono, Statistik Untuk Penulisan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset,2004

Juliansyah Noor, Metodologi Peneltian Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah,

Lasmiatun, Perbankan Syari’ah, Semarang, Kartini Press, 2010

Muhamad, Metodologi Penulisan Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Rajawali Pers. Jakarta: 2008.

Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw, Perilaku Konsumen, Yogyakarta, Andi, 2004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AMANU

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMANU : Jurnal Manajemen dan Ekonomi - UNUGHA Cilacap